CSR PT LTT Bantu Warga Desa Taviora Miliki MCK dan Sumber Air Bersih

0 162

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Warga RT 1 Dusun 1 Desa Taviora Kecamatan Rio Pakava akhirnya akan menikmati sarana fasilitas umum berupa MCK dan sumber air bersih. Fasilitas umum itu merupakan bantuan dari PT Lestari Tani Teladan (LTT) yang merupakan anak perusahaan Astra Agro Lestari.

Selama ini aktivitas mandi, mencuci hingga buang air warga RT 1 dusun Desa Taviora dilakukan di bantaran sungai lariang. Tak heran, karena lokasi pemukiman warga yang didominasi suku kaili uma ini memang berada tepat di sekitar bantaran sungai lariang.
Senin (17/4) kemarin, pihak perusahaan yang dipimpin langsung oleh Administratur PT LTT, Ari Iswahyudi bersama Pemerintah Desa Taviora melakukan peletakan batu pertama pembangunan MCK dan sarana air bersih tersebut.

Pembangunan MCK yang diperkirakan akan selesai dalam waktu beberapa hari kedepan itu disambut gembira oleh warga sekitar. Salah seorang warga RT 1 Dusun 1, Liliani, mengaku senang dan bersyukur dengan adanya pembangunan MCK tersebut. Dia mengungkapkan, selama dirinya tinggal menetap di pemukiman RT 1 dusun 1, memang tak ada MCK. Semua aktivitas mandi, mencuci hingga buang air dilakukan di sungai. “Jadi kami sangat bersyukur sekali dengan adanya bantuan ini,” ujarnya semringah.

Di tempat yang sama, kepala Desa Taviora, Sukri dg Lage, mengatakan, bantuan sarana MCK akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sukri juga mengakui bahwa selama ini masyarakat sekitar memang melakukan aktivitas mandi dan mencuci di sungai lariang. Oleh karena itu, pembangunan MCK dan sarana air bersih di lokasi pemukiman warga RT 1 Dusun 1 sudah sangat tepat. “Selama ini warga masih menggunakan WC panjang yang artinya sungai. Jadi sudah sangat tepat jika MCK di bangun di lokasi pemukiman ini,” terang Sukri.

Sukri berharap , sinergi antara perusahaan dengan pemerintah desa dan khususnya masyarakat Taviora terus terjalin dan dapat ditingkatkan. Sukri memberikan apresiasi kepada PT LTT yang selama ini telah banyak memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Taviora. “Harapan kami muda-mudahan kedepan lebih bagus lagi, lebih bersinergi lagi,” harap Sukri.

Sementara itu Administratur PT LTT, Ari Iswahyudi, mengatakan, ada beberapa aspek yang disentuh melalui CSR Astra. Misalnya dari aspek kesehatan yang dimana pihak perusahaan akan membantu jika ada kebutuhan-kebutuhan yang berkaitan dengan pengobatan. Termasuk sarana ambulance jika masyarakat membutuhkan angkutan untuk pergi berobat baik ke klinik PT LTT maupun ke rumah sakit terdekat.

Selain aspek kesehatan, lanjut Ari, ada juga aspek ekonomi seperti pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif. Dalam aspek ekonomi itu, kata Ari, PT LTT memberikan bantuan berupa alat pengolahan makanan kepada masyarakat. Salah satu yang sudah pernah diberikan adalah alat untuk membuat bakso. Selain itu ada aspek pendidikan dengan membantu sekolah-sekolah di sekitaran ring 1 berupa edukasi untuk guru maupun siswa. Termasuk pemberian insentif untuk guru dan beasiswa kepada para siswa. “Jadi dalam aspek pendidikan ini ada bantuan beasiswa ada juga bantuan fasilitas sekolah,” ungkap Ari.

Kemudian lanjut Ari, ada aspek agama yang diimplementasikan dengan pemberian bantuan sarana perlengkapan ibadah dan juga perbaikan rumah-rumah ibadah. “Disamping itu kami juga berkomitmen melakukan perbaikan infrastruktur di sekitar perusahaan. Misalnya perbaikan jalan yang dilakukan secara rutin dua kali dalam setahun. Tapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang membutuhkan bantuan yang sifatnya insidentil, itu tetap kita lakukan,” jelas Ari.

Setelah pemberian bantuan MCK melalui CRS, Ari mengatakan, kedepan pihak perusahaan juga akan melaksanakan sunatan masal, program perbaikan lapangan sepak bola, hingga bantuan sumber air bersih di titik lainnya Desa Taviora. “Bantuan CSR untuk desa di ring 1 PT LTT ini kami sesuaikan dengan demografi desa masing-masing. Jadi setiap desa itu CSR nya beda-beda, kami sesuaikan dengan kebutuhan,” tandas Ari. (dp)

Tinggalkan Balasan