Untuk Capai Target PAD yang Maksimal Diperlukan Aktualisasi Data

0 268

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

PALU – Tahun 2023, capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perikanan Kabupaten Donggala melebihi target yang diberikan. Dengan tercapainya target tersebut, kini Dinas Perikanan diberi target sebesar Rp375 juta pada tahun 2024. Target itu naik dua kali lipat dari target yang diberikan untuk tahun 2023.

Meski begitu, Kepala Dinas Perikanan Donggala, Ali Assegaf tetap optimis dan berupaya target PAD tahun ini akan tercapai. Namun sebelumnya perlu dilakukan aktualisasi data sektor perikanan agar target PAD tercapai dengan maksimal.

Rabu (24/4/24) kemarin, Dinas Perikanan menggelar kegiatan aktualisasi data statistik pembangunan kelautan dan perikanan serta pertemuan rapat teknis PAD perikanan tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Palu tersebut turut mengundang akademisi dari Universitas Alkhairat, ketua Komisi 2 DPRD Donggala hingga pejabat Badan Pendapatan Donggala sebagai narasumber.

Ali Assegaf dalam kesempatan itu mengatakan, untuk mencapai target PAD, maka perlu dilakukan penyesuaian data. Kata Ali, jangan sampai targetnya tinggi, namun data tidak diperbarui. Hal itu menurut Ali bisa mempengaruhi lambatnya penerimaan pendapatan daerah. “Kalau kita bicara pencapaian target pendapatan asli daerah di sektor perikanan, tentu harus didukung dengan data. Data juga harus data yang update. Untuk penyiapan data tahun 2024, tentu awal tahun ini harus melakukan aktualisasi, jadi data dari 2023 itu kami lihat perkembangan sampai dengan kinerja triwulan 1 sampai di 2024,” kata Ali.

Menurut Ali, narasumber pada kegiatan aktualisasi data kali ini cukup lengkap. Perguruan tinggi melihat secara independen, kemudian Dinas Pendapatan melihat realisasi penerimaan sebagai salah satu belanja, kemudian DPRD juga sebagai hak budgetnya dan fungsi kontrol. “Tahun ini kita mengupayakan bahwa tidak hanya bicara pendapatan daerah tapi seperti yang disampaikan oleh anggota dewan, coba kita garap pertumbuhan ekonomi. Jadi pertumbuhan ekonomi itu didorong dengan beberapa basis-basis industri perikanan. Hal ini juga yang akan kita dorong ke depan,” tandasnya. (ujs)

Tinggalkan Balasan