Wabup Yasin Sebut Potensi Garam di Donggala Sangat Besar

0 210

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Wakil Bupati Donggala, Moh Yasin, menyatakan bahwa sumber daya alam Kabupaten Donggala sangat besar dan belum sepenuhnya dimanfaatkan. Terlebih lagi, Kabupaten Donggala memiliki garis pantai sepanjang 414 kilometer yang langsung berhubungan dengan Selat Makassar. Donggala juga dikenal sebagai daerah maritim karena lebih dari 800 kapal internasional melewati wilayah ini.
Hal tersebut diungkapkan Yasin dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan teknis teknologi budidaya pengembangan usaha garam rakyat (Pugar), yang digelar di Desa Towale, Dusun III Simbe, pada hari Kamis kemarin (26/10/23).
Selain itu, kata Yasin, Donggala juga memiliki zona penangkapan ikan yang sangat potensial dan diperkirakan mampu menghasilkan lebih dari satu juta ton ikan setiap tahun. “Namun, salah satu potensi utama yang belum dimanfaatkan adalah produksi garam. Meskipun begitu, potensi ekonomi di pesisir ini sangat besar, tetapi masyarakat setempat belum terbiasa dengan konsep ini,” ucapnya.

Lanjut Yasin, potensi produksi garam dianggap sebagai salah satu cara untuk merubah kondisi ekonomi di Kabupaten Donggala. Petani garam modern dapat menggunakan metode efisien untuk menghasilkan garam yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti pertanian, kosmetik, dan farmasi.
“Garam yang diproduksi dengan benar dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan bagi masyarakat setempat,” ujarnya.
Upaya ini, kata Yasin, diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat pesisir terhadap potensi ekonomi di sekitar dan memberikan dorongan positif dalam perubahan pola pikir.
“Sinergi dan kolaborasi serta semangat tekad untuk mengubah potensi ekonomi daerah dan berbicara tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” jelasnya.
Yasin menambahkan bahwa semangat untuk bersama-sama membangun kesadaran kolektif dan mengubah potensi ekonomi menjadi kenyataan adalah tujuan yang akan terus dikejar. Ia berharap agar masyarakat Donggala dapat menjadi lebih sejahtera dan memahami betapa kaya sumber daya alam di daerah ini. Demikian Wakil Bupati Donggala.

Tinggalkan Balasan