Mulai Fokus Pada Pengembangan Program Garam Rakyat

0 296

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala melalui Dinas Perikanan saat ini sedang fokuskan pada upaya pengembangan produksi garam rakyat.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perikanan Donggala, Ali Assegaf, dalam sambutannya pada kegiatan pelatihan teknis teknologi budidaya pengembangan usaha garam rakyat (Pugar), yang digelar di Desa Towale, Dusun III Simbe, pada hari Kamis (26/10/23).

Ali Assegaf mengatakan bahwa Pemkab Donggala saat ini telah mengidentifikasi potensi besar di wilayah pesisir dengan 14 dari 16 kecamatan yang dapat menjadi basis ekspansi produksi garam rakyat. “Gagasan ini, yang diinisiasi oleh Wakil Bupati, telah menjadi prioritas dalam program pembangunan, dimulai tahun ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Ali menjelaskan bahwa melalui program pelatihan dan perencanaan pembangunan garam rakyat, masyarakat lokal di Desa Towale dan sekitarnya dilibatkan dalam usaha ini. “Keberhasilan program ini diharapkan dapat memberikan pendapatan tambahan bagi nelayan dan masyarakat setempat di Desa Towale,” harapnya.

Ali menuturkan bahwa pendekatan ini memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman komunitas lokal yang telah lama berkecimpung dalam usaha garam, tanpa perlu melibatkan tenaga ahli dari luar daerah. “Pemerintah daerah berharap bahwa Donggala akan menjadi salah satu penyangga utama dalam produksi garam, dengan Desa Towale sebagai langkah awal dalam pengembangan garam di Donggala,” harapnya. (uj)

Tinggalkan Balasan