DPRD Dorong Pemkab Segera Miliki Dokter Hewan

0 131

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Kabupaten Donggala menjadi salah satu daerah yang hingga kini belum memiliki dokter hewan. Hal itu diungkapkan oleh Anggota DPRD Donggala, Moh Taufik usai menggelar rapat bersama sejumlah OPD Pemkab Donggala beberapa hari lalu.
“““““““““““““““““
Ketua Fraksi NasDem itu menyayangkan hingga kini Donggala belum memiliki dokter hewan. Padahal kata Taufik, dokter hewan memiliki banyak peran untuk daerah khususnya dalam bidang peternakan. Misalnya dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang beberapa waktu lalu banyak ditemukan di Donggala.

Selain itu lanjut Taufik, pengiriman hewan ternak dari Donggala ke luar pulau juga tentu saja membutuhkan jasa dokter hewan. Kata Taufik, sayang sekali jika Donggala ingin mengejar swasembada daging sapi, tapi tidak memiliki dokter hewan.

“Makanya kami fraksi NasDem mendorong Pemkab Donggala melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan agar bisa memiliki dokter hewan. Karena saat ini belum ada penerimaan formasi yang berkaitan dengan dokter hewan, maka langkah awal yang kita lakukan adalah menyusun rancangan honorarium untuk dokter hewan. Supaya kita bisa ada dokter hewan minimal dua orang,” jelas Taufik.

Disamping itu, Upik sapaan akrabnya mengatakan, adanya dokter hewan di Donggala juga nantinya bisa menjadi salah satu potensi PAD. Misalnya sebut Taufik, jika masyarakat membuat surat keterangan kesehatan hewan, maka ada retribusi yang harus dibayarkan. “Kita DPRD baru-baru ini sudah mengesahkan Perda tentang Pajak dan Retribusi Daerah. Di dalamnya ada item retribusi jasa medik hewan ternak. Maka kalau sudah ada cantolan Perda, sebaiknya kita juga menyiapkan perangkat dalam memeriksa kesehatan hewan ternak itu. Termasuk diantaranya adalah dokter hewan,” ucap Upik. (ujs)

Tinggalkan Balasan