Bupati Serahkan Sarana Tangkap Ikan Kepada Nelayan Balaesang

0 243

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten Donggala melalui Dinas Perikanan kembali menyerahkan sarana pra sarana tangkap ikan kepada nelayan Donggala Rabu (2/11). Kali ini giliran nelayan di Desa Siweli Kecamatan Balaesang. Bantuan saran tangkap ikan itu diserahkan langsung oleh Bupati Donggala, Dr Drs Kasman Lassa SH MH.

Kegiatan yang mengangkat tema Gerak Cepat Penyerahan Sarana Penangkapan Ikan Tingkatkan Produktivitas, Makan Ikan Cegah Stunting Angka Kemiskinan Terhapus 2022 itu dirangkaikan dengan sosialisasi percepatan penurunan stunting.

Bupati Donggala, Kasman Lassa pada kesempatan itu berharap, agar bantuan sarana penangkapan ikan dapat menjadi pintu gerbang utama bagian dari sentra pendaratan distribusi ikan untuk daerah Balaesang yang berhadapan dengan jalan trans Kasimbar arah Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya. “Untuk itu gerak cepat penyerahan sarana penangkapan ikan ini, harus dibarengi dengan usaha untuk mendorong kegiatan pemasaran hasil perikanan dan usaha meningkatkan konsumsi ikan,” sebut bupati.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan Donggala, Ali Assegaf, mengatakan tujuan kegiatan tersebut antara lain untuk mengoptimalkan potensi wilayah melalui pemanfaatan teknologi perikanan tangkap dan pengembangan kawasan produksi hasil perikanan. Kemudian memperkuat integrasi ekonomi antara sentra produksi Kampung nelayan terdampak dan sentra produksi kampung nelayan yang telah maju usaha perikanan dan pengembangan pusat – pusat pertumbuhan sentra perikanan. “Selain itu, tujuan kegiatan ini juga untuk percepatan pengendalian dampak inflasi sektor perikanan dengan meningkatkan produksi perikanan melalui kegiatan usaha perikanan oleh pelaku usaha perikanan yang akan salurkan sarana produksi usaha perikanan sebanyak 800 Rumah Tangga Perikanan (RTP),” sebut Ali.

Sekedar diketahui, Pemkab Donggala menyerahkan sarana penangkap ikan berupa mesin katinting dan tali rumpon kepada 8 KUB yaitu Tunas Nelayan Desa Tambu, Mitra Simagaya Desa Simagaya, Sinar Mandiri Desa Siweli, Bintang Mandiri Desa Siweli, Melolo Tutubu Desa Siweli, Sinar Abadi Desa Siboalong, Mosanggani Desa Labean, Karama Desa Sibayu.

Selain penyerahan sarana penangkap ikan, Dinas Perikanan juga dilakukan penyerahan sertifikat SKK 60 Mil Laut Desa Sibolaong kepada 5 nelayan SKK 60 mil laut. Di samping itu dilaksanakan rehabilitasi Pembangunan Sarana Prasarana Perikanan SLIN TPI Labean, yaitu rehabilitasi Pabrik Es dan rehabilitasi Coolstorage dan ABF.

Kegiatan ini turut dihadiri Direktur Rumah Sakit Kabelota, dr Syahriar, Camat Balaesang, Darnawati, Ketua Karang Taruna Kabupaten Donggala, Widya Kastrena Lassa. (dp)

Tinggalkan Balasan