Pemkab Dorong Kades Tingkatkan Pemanfaatan Potensi Ekonomi Desa

0 211

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Bupati Donggala, Moh Yasin, mengajak para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Donggala untuk lebih proaktif dalam mengidentifikasi dan mengelola potensi ekonomi di wilayah mereka.

Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Yasin pada acara Bimbingan Teknis Kelembagaan Desa terkait Penguatan Peran Lembaga Desa dalam Menetapkan dan Menegaskan Batas Desa, yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Palu pada Selasa kemarin (5/12/23).

Yasin menjelaskan bahwa mendorong pertumbuhan ekonomi bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah, tetapi juga memerlukan peran aktif dari lembaga desa. Contohnya, Yasin mencatat bahwa hasil tangkapan ikan di perairan Donggala seringkali tidak dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat setempat, melainkan dijual ke daerah Kalimantan, Manado Hingga Sulawesi Selatan.

Bupati juga menyoroti potensi garam di Kabupaten Donggala, yang memiliki luas pantai namun belum ada daerah yang secara efektif mengelolanya. Yasin menyatakan kekecewaannya terhadap kenyataan bahwa garam masih harus dibeli dari petani garam di Palu, sementara Kabupaten Donggala memiliki potensi pantai yang sangat luas.

“Dalam menghadapi masa depan, saya berharap para Kades dapat memanfaatkan potensi di desa masing-masing untuk menggerakkan perekonomian lokal. Diperlukan upaya bersama untuk membentuk Sumber Daya Manusia yang handal dalam mengelola potensi tersebut,” ujar Bupati Yasin,

menekankan pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia sebagai langkah strategis untuk memacu pembangunan ekonomi di tingkat desa.

Tinggalkan Balasan