TPI Desa Lero Tatari Diresmikan

0 214

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala akhirnya meresmikan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Desa Lero Tatari, Selasa (16/1/24) kemarin. TPI ini dibangun oleh Pemkab melalui Dinas Perikanan Donggala sebagai wujud dukungan terhadap kemajuan ekonomi nelayan Donggala khususnya di Desa Lero Tatari dan sekitarnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Donggala, Ali Assegaf mengatakan dalam upaya mendorong peningkatan dan kemajuan ekonomi para nelayan, pemerintah melalui Dinas Perkiranan Kabupaten Donggala telah membangun sejumlah fasilitas infrastruktur perikanan di beberapa Kecamatan di Kabupaten Donggala.

Khusus di Desa Lero Tatari, Ali Assegaf mengatakan bahwa Dinas Perikanan telah membangun beberapa infrastruktur seperti Rabat Jalan dan pelataran parkir yang terintegrasi dengan Tempat Pendaratan Ikan (TPI).

“Khusus di Lero Tatari, tahun ini memang kita ada membangun beberapa infrastruktur, yang pertama Rabat Beton jalan, yang telah kita hibahkan kepada Desa Lero Tatari sebagai Aset Desa. Kemudian kita juga bangun area pelataran untuk tempat parkir yang kita integrasikan dengan TPI. Dan juga tahun ini kita bangun tempat Pendaratan ikan. Kemudian kita juga bangun tempat bedah olahan ikan. Jadi bu yang tadinya mengolah menggunakan dapur kita bangunkan (tempatnya) dan kita berikan sejumlah peralatan,” kata Kadis Perikanan.

Ali Assegaf mengatakan, bahwa pembangunan infrastruktur di Desa Lero Tatari oleh Dinas Perikanan ternyata sejalan dengan program pembangunan Pemerintah Desa Lero Tatari, sehingga terjadi kolaborasi pembangunan.

“Diharapkan ini menjadi contoh bagi Desa-desa yang lain, dimana Kades menggunakan dana Desanya untuk membangun talut yang ada di depan TPI, kemudian dinas perikanan membangun infrastrukturnya” kata Ali Assegaf.

Menurut Kadis Perikanan, hal tersebut dapat menjadi contoh bagi Desa-desa yang lain, dimana program pembangunan pemerintah Kabupaten terintegrasi dengan program pembangunan pemerintah Desa.

Lebih lanjut, Ali Assegaf mengatakan, Dinas Perikanan Kabupaten Donggala berkomitmen untuk mewujudkan Masyarakat Kabupaten Donggala yang maju, sejahtera, berdaya saing, berkarakter dan berpijak pada kearifan lokal.

“Dengan adanya Tempat Pendaratan Ikan di Desa Lero Tatari ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan terutama di Desa Lero Tatari,” katanya. (*/ujs)

Tinggalkan Balasan