Semarak Peringatan Hari Kepanduan Sedunia di Kecamatan Rio Pakava

0 182

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Semarak Hari Kepanduan Sedunia kembali dilaksanakan di Kecamatan Rio Pakava, Kabuapten Donggala. Peringatan hari Baden Powell ke-167 kali ini di pusatkan di lapangan Desa Polanto Jaya selama tiga hari.

Peringatan hari Baden Powel diawali dengan kemah bersama yang diikuti ratusan siswa-siswi se Kecamatan Rio Pakava. Pucaknya dilaksanakan upacara peringatan hari Baden Powel pada Jumat (23/2/24) pagi kemarin.

Camat Rio Pakava Muh Amir SS MPd bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, Amir mengatakan, Baden Powell adalah tokoh penting yang menjadi teladan seluruh anggota pramuka. “Mari kita tanamkan jiwa dan semangat Baden Powell ke dalam diri kita,” ucap Amir yang merupakan pencetus perkemahan pertama di Desa Lalundu 3 era tahun 90an itu.

Peringatan Baden Powel menjadi momentum penting untuk meningkatkan peran Gerakan Pramuka dalam membina generasi muda di Indonesia. “Calon pemipin apabila dia kader pramuka, maka dia akan jadi kader pemimpin yang bertanggungjawab. Apa yang terkadung di dalam jiwa anggota pramuka tidak semua orang bisa memiliki,” ujar Amir disambut tepuk tangan.

Di tempat yang sama, Korwil Pendidikan Kecamatan Rio Pakava, I Wayan Gunung mengungkapkan, hari kepanduan sedunia tahun 2024 adalah peringatan yang paling ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Korwil sekaligus pengawas Sekolah Dasar (SD) itu menyebutkan ada 17 dari 35 sekolah di Kecamatan Rio Pakava yang ikut berpartisipasi. “Sekolah yang ikut berpatisipasi mulai dari Tingkat SD, SMP, SMA hingga SMK. Kurang lebih sekitar 150 siswa hadir dalam kegiatan ini. Mereka sangat antusias,” ungkap Wayan.

Disamping itu, kata Wayan, semaraknya peringatan hari Baden Powell kali ini juga tak lepas dari partisipasi dari PT Lestari Tani Teladan (LTT) yang membantu sarana pra sarana kegiatan. Salah satunya berupa panggung dan tenda dalam kegiatan. Termasuk pembersihan lahan yang saat ini dijadikan lapangan untuk kegiatan-kegiatan di Desa. “Terima kasih atas perhatian dan kepedulian perusahaan atas partisipasinya dalam kegiatan ini. Termasuk dari pihak lain seperti Koramil 20 Rio Pakava dan lainnya sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik,” tandas Wayan. (ujs)

Tinggalkan Balasan