Pemkab Donggala Ikuti Pembukaan STQ Secara Virtual

0 131

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH, menghadiri Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) Ke-XXVI tingkat Provinsi Sulawesi Tengah secara virtual di Kabupaten Banggai Laut Tahun 2021, Jumat (27/8/21)

Pembukaan tersebut digelar di Aula Kasiro Kantor Bupati Donggala dan turut dihadiri Sekretaris Daerah, Danposal, Kepala Kantor Kementrian Agama, Wakil Ketua DPRD dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Pimpinan OPD, Ketua TP-PKK serta Ketua DWP.

Dalam acara pembukaan tersebut, diawali dengan perkenalan masing masing kafilah kabupaten/kota diantaranya kafilah Kabupaten Donggala

Kafilah Kabupaten Donggala mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke XXVI (26) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) 2021, di Kabupaten Banggai Laut (Balut) yang dilaksanakan secara virtual.

Dimana Kabupaten Donggala yang dijuluki sebagai Kota Wisata, memiliki luas wilayah 5.275,69 kilometer per segi berpenduduk 304.110 jiwa, merupakan kabupaten terluas ke tujuh dan terpadat ke empat serta memiliki populasi terbanyak ke empat di Sulteng.

Kabupaten Donggala mempunyai 158 desa dan 9 kelurahan dengan kekayaan alam antara lain hasil pertanian, perkebunan, pertambangan serta banyak objek wisata menarik dan unik yang sudah terkenal hingga ke manca negara.

Kabupaten Donggala pada saat ini dipimpin, Bupati Kanjeng Raden Ario Hadiningrat Doktorandes Kasman Lassa, SH., MH, Wakil Bupati Mohamad Yasin S. Sos., M. A. P, Ketua DPRD Takwin S. Sos. I, Sekretaris Kabupaten Doktor Rustam Efendi S. Pd., SH.,M. A. P, Kepala Kantor Kementrian Agama H. Rusdin S. Ag.,MM.

Kafilah Donggala mengikuti empat cabang dan delapan golongan yang dilombakan secara virtual, dengan kekuatan 16 orang peserta yang didukung official (panitia) termasuk teknisi IT virtual yang siap menyukseskan penyelenggaraan STQH tersebut.

Adapun prestasi yang pernah di raih kafilah Donggala pada penyelenggaraan STQH maupun MTQ tingkat Provinsi Sulteng sangatlah banyak, antara lain.
Juara umum STQH dua kali berturut-turut 2017 di Kabupaten Donggala dan 2019 di Kabupaten Morowali Utara.
Disamping gelar juara tersebut, Kabupaten Donggala juga telah banyak mencetak qori dan qoriah terbaik di kancah lokal maupun nasional.

Target realistis Kabupaten Donggala pada STQH kali ini adalah mempertahankan predikat juara umum STQH untuk ke tiga kalinya dan membawa pulang piala bergilir tersebut dengan rasa syukur dan semangat sesuai semboyan kepala daerah.

Anu Nakamburaka Rapaka Siromu, Anu Masiromu Rapaka Saongu.
Anu Mosaongu Rapopo Rambanga, Anu Morambanga Rapopo Singgani.
Masintuvu Kita Maroso, Mosinggani Kita Marisi.
Mosaongu Patuju Kita Mombangu, Mesavi Sakaya Kita Mosumomba.
Isemapa Maipiapa.

Acara tersebut juga, diisi beberapa sambutan yaitu sambutan/laporan Bupati Banggai Laut selaku Ketua Umum STQH Ke-XXVI Tingkat Prov. Sulteng 2021, Kepala Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tengah dan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah sekaligus membuka secara resmi STQH Ke-XXVI tingkat Prov. Sulawesi Tengah 2021 di Kabupaten Banggai Laut ditandai dengan pemukulan beduk. (***)

Tinggalkan Balasan