Bupati Donggala Berikan Penguatan Kepada Kader KB

0 165

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala melalui Dinas Pengendalian Penduduk (PP) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Donggala, menggelar sosialisasi pertemuan penguatan peningkatan jejaring Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) jalur pemerintah dan swasta.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Loli Saluran, Selasa (13/12) itu dibuka langsung oleh Bupati Donggala Dr Drs Kasman Lassa SH MH AIFO didampingi kepala DPPKB, Drs Lasamudia, Kepala Dinas PMD, H Muzakir Ladoali, Ketua KNPI Donggala, Widya Kastrena LRTP dan Kapolsek Banawa Iptu Yulita Cheny.

Bupati Kasman pada kesempatan itu mengatakan, Kepala DPPKB mempunyai tugas utama yaitu mengoptimalisasikan kerja-kerja BKKBN, di mana hal tersebut bertujuan untuk menetralisir kerawanan penduduk terutama di Kabupaten Donggala yang berjumlah300 ribu jiwa lebih. “Sehingga diharapkan populasi penduduk yang cukup tinggi, bisa dikendalikan dengan baik melalui program KB,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah ledakan penduduk yaitu dengan meminimalisir pernikahan usia dini atau menunda pernikahan sampai dengan batas usia yang dianjurkan. Menurut Bupati, usia ideal menikah untuk perempuan adalah 21 tahun. Sedangkan laki-laki usia 25 tahun. “Jangan sampai masih usia 15 tahun sudah menikah. Hal ini juga perlu diminimalisir. Pada prinsipnya Pemkab Donggala sangat mendukung program pengendalian penduduk yang merupakan program nasional ini,” tambah Bupati.

Di tempat yang sama, Kepala DPPKB, Drs Lasamudia mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut yakni untuk meningkatkan kapasitas petugas penyuluh KB dalam memberikan konseling program. “Kegiatan ini juga menginformasikan tentang peran petugas penyuluh KB bagi kesuksesan program keluarga berencana Kabupaten Donggala,” jelasnya. (dp)

Tinggalkan Balasan