Pemerintaah Buat Dua Skema Vaksinasi Covid-19

0 288

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala melalui Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan  sosialisasi vaksinasi Covid-19 terhadap kelompok sasaran di Kabupaten Donggala. Sosialisasi yang berlangsung di ruang kasiromu Senin (01/02) itu menindak lanjuti peraturan Menteri Kesehatan Nomor 84 Tahun 2020, tentang pelaksanaan vaksinasi terkait percepatan penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19, Dr Ir  Akris Fattah, mengatakan, tujuan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk membuat sistim kekebalan tubuh, mengendalikan dan mampu melawan saat terkena penyakit termasuk Covid-19.
Dalam hal pelaksanaan Vaksinasi tersebut kata Akris, pemerintah telah membuat dua skema. Skema yang pertama sebut Akris, sistim Vaksinasi yang dilakukan kepada tenaga kesehatan, TNI-POLRI, Sat Pol-PP, Aparat Hukum dan peserta BPJS penerima bantuan iuran. “Kemudian skema yang ke dua vaksinasi akan dilakukan secara mandiri yang biayanya ditanggung oleh masyarakat secara perorangan,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Donggala Mohammad Yasin, SSos mengatakan bahwa vaksinasi merupakan salah satu cara atau upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. “Yang terpenting hari ini adalah bagaimana upaya kita untuk melakukan ikhtiar untuk memutuskan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Wabup mengingatkan pentingnya menjaga diri setelah dilakukan vaksinasi dengan cara tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, sebab kata Wabup, belum diketahui kapan pandemi covid-19 akan berakhir. Disamping itu, Wabup, berharap, agar melibatkan sosialisasi tersebut kepada seluruh Pimpinan Kecamatan, Kepala Desa, Lurah bahkan RT dan RW. “Karena saya melihat semangat masyarakat sudah mengalami penurunan dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Donggala Drs Kasman Lassa SH MH, menginstrusikan satuan Gugus Tugas Covid-19, agar mengeluarkan surat edaran dan mengoptimalkan sosialisasi termasuk dengan pemasangan spanduk.

Sosialsiasi ini dihadiri Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah dr. Jumriani sebagai narasumber. Selain itu sosialisasi tersebut juga dihadiri Kajari Donggala Mohamad Ginanjar SH MH,  Kapolres Donggala AKBP Wawan Sunarwirawan, SIP MT, Ketua DPRD Takwin SSos, Sekretaris Kabupaten Dr Rustam Efendi, SPd SH MAp, Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Inf Amrullah, Asisten, Staf Ahli, dan Pimpinan OPD, Direktur Rumah Sakit Kabelota, Direktur Rumah Sakit Pratama Tambu, Kepala Bagian serta Ketua FKUB.

Tinggalkan Balasan