Opini WTP Harus Berbanding Lurus Dengan Kesejahteraan Masyarakat

0 439

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sulawesi Tengah terhadap laporan keuangan tahun anggaran 2020.

Opini WTP ini diterima langsung oleh Bupati Donggala  Drs Kasman Lassa SH MH bersama Ketua DPRD Donggala, Takwin SSos. Penyerahan opini WTP yang berlangsung di kantor BPK, Senin (31/5) itu juga dihadiri Wabub Donggala, Moh Yasin, Sekkab Donggala, Dr Rustam Efendi serta pejabat eselon II dan III di lingkup Pemkab Donggala.

Bupati Kasman mengatakan, raihan opini WTP tak lepas dari kerja sama dan kerja keras semua pihak. Disamping itu Pemkab Donggala juga patuh dan taat terhadap bimbingan dari BPK baik secara teknis maupun non teknis. “Arahan dan bimbingan semua kita kerjakan dengan baik sehingga kita bisa kembali meraih WTP. Sebelumnya saya juga sudah sampaikan kepada OPD, kalau OPD sudah WTP, yakin saja Pemkab juga pasti WTP,” sebut Kasman.

Kasman menilai, BPK sebagai lembaga yang independen, berintegritas dan profesional, sangat serius memberikan arahan dan bimbingan  kepada Pemkab Donggala. Bupati Kasman mengatakan, adapun kekurangan-kekurangan dan rekomendasi dari BPK, Pemkab akan segera menyelesaikan dan membenahi sesuai dengan waktu yang diberikan selama 60 hari. “Kita sekarang sudah semakin hati-hati. Contohnya mengenai persoalan aset hingga pertanggungjawaban terkait SPPD. Adanya kekurangan-keurangan itu akan segera kita selesaikan dan benahi,” tutup Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Donggala, Takwin memberikan apresiasi terhadap opini WTP yang diberikan oleh BPK. Takwin juga mengatakan, raihan WTP tak lepas dari kerja keras dan kerja sama semua pihak sehingga kembali meraih opini tersebut. Di sisi lain, Takwin menyampaikan kepada semua pihak agar tidak terlena dengan predikat opini WTP. Sebab menurut Takwin, predikat WTP bukan jaminan suatu daerah benar-benar bersih tanpa ada kekurangan sama sekali. “Idelanya WTP yang kita dapatkan ini harus berbanding lurus dengan apa yang terjadi di masyarakat. Artinya WTP ini langkah bagi Pemkab Donggala untuk bisa lebih baik dan lebih maju dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Donggala. Secara umum kita mengapresiasi kerja-kerja Pemkab Donggala selama ini. Dan kita berharap kedepan bisa jauh lebih baik lagi,” jelasnya. (dp)

Tinggalkan Balasan