Pemkab Donggala Peringati HKN ke-58

0 275

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Bupati Donggala, Dr Drs Kasman Lassa, SH MH, menutup kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 yang dilaksanakan di Pantai Boneoge Donggala, Kamis (17/11/2022).
Bupati pada kesempatan itu menyampaikan, tugas utama tenaga kesehatan merujuk dari lagu Indonesia Raya ‘bangunlah jiwanya dan bangunlah badannya’. Artinya tenaga kesehatan memperbaiki dan membenahi jiwa dan badan manusia, sehingga manusia itu tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan baik.
Lanjut bupati mengatakan, apa yang dilakukan dalam satu tahun, minimal menurunkan angka kematian terhadap ibu dan anak, stunting serta kemiskinan. “Dimana penurunan angka stunting yang kita ketahui merupakan kegiatan nasional yang harus dilaksanakan. Itu merupakan tanggung jawab kita semua, karena merupakan program nasional mau tidak mau dan suka tidak suka inilah tugas kita,” ujar bupati.
Olehnya itu, Bupati meminta kepada semua petugas kesehatan baik yang ada di puskesmas maupun di Rumah Sakit, berkewajiban memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Selain itu, Bupati juga menegaskan kepada tenaga kesehatan agar mobil operasional keliling yaitu Ambulance jangan sampai disewakan atau dibayar oleh masyarakat ketika masyarakat membutuhkannya. “Jangan sampai ada laporan kepada pemerintah bahwa puskesmas tidak memberikan Ambulance. Bantulah masyarakat minimal kita pinjamkan mobil operasional,” harap bupati.
Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, H Muzakir Ladoali, menyampaikan tujuan dilaksanakannya peringatan HKN Ke-58 yaitu untuk melaksanakan konsolidasi dari program institusi dan antar sesama Tenaga Kesehatan (Nakes) dalam rangka menegakkan tugas dan amanat yang diberikan pada bidang kesehatan. “Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan seluruh Nakes yang ada, untuk bersatu padu dan berkomitmen berkaitan dengan pembangunan Kabupaten Donggala,” tambahnya.
Berkaitan dengan pelaksanaan HKN, telah dilakukan beberapa kegiatan lomba yang sifatnya seremonial di dalam meningkatkan hubungan antar manusia dan sesama petugas kesehatan di Kabupaten Donggala diantaranya lomba menyanyi, tarik tambang, voli pantai, domino dan makan krupuk.

Tinggalkan Balasan