Monitoring dan Evaluasi Sistem Pencatatan Pelaporan Penanganan Covid-19

0 126

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten Donggala melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan monitoring dan evaluasi sistem pencatatan dan pelaporan penanganan covid-19 di puskesmas se Kabupaten Donggala di Swiss Bel hotel, Senin (30/8).

Kepala Dinas Kesehatan Donggala, H Muzakir Ladoali, mengatakan, pelaksanaan monitoring dan evaluasi itu tujuannya untuk melakukan sinkronisasi data terkait penanganan covid-19. Sehingga perkembangan covid-19 setiap hari dapat diketahui oleh masyarakat, baik itu kasus baru, kasus lama, kasus meninggal, maupun pasien dalam perawatan. “Tujuannya apa, untuk mengetahui sejauh mana tren kenaikan dan penurunan kasus covid-19,” katanya.

Dengan demikian kata Muzakir, pemerintah dapat melakukan langkah-langkah penanganan covid-19. Oleh karena itu pertemuan monitoring dan evaluasi ini kata Muzakir, sangat penting untuk membicarakan tentang komitmen pelaksanaan pengelolaan data itu sendiri, sehingga kabupaten Donggala bisa menggambarkan secara rinci zonasi setiap kecamatan, kelurahan desa hingga ke tingkat RT. “Tujuannya satu, untuk mempermudah mekanisme penanganan di tingkat kecamatan dan tingkat desa itu sendiri,” sebutnya.

Menurut Muzakir, berbagai macam sumber data yang harus dilayani. Ada data yang di input langsung ke Pusdatina provinsi, ada yang di input langsung ke kementerian kesehatan. Bahkan ada data yang diminta oleh Forkopimda, termasuk media. “Agar data ini tidak berbeda-beda, maka kami lakukan pertemuan untuk melakukan komitmen data-data apa saja yang keluar yang dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga data itu satu sumber tidak ada yang berbeda-beda. Dan selanjutnya pelaksanaan penanganan covid-19 ini berbasis data berbasis pendekatan epidomologi,” ungkap Muzakir.

Muzakir menambahkan, dalam pertemuan monitoring dan evaluasi tersebut telah disepakati data itu harus di akses setiap hari. Olehnya, setiap hari Senin dalam setiap pekan sudah harus melakukan pembahasan dan evaluasi baik di tingkat puskesmas maupun di tingkat kabupaten. “Setiap senin di kabupaten dan puskesmas melakukan rapat koordinasi semua tingkatkan untuk mengambil langkah-langkah dan menyimpulkan terkait masalah penanganan yang ada di tingkat kecamatan dan desa,” tandasnya.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini diikuti seluruh pihak puskesmas se Kabupaten Donggala. Pada kegiatan itu juga tampak hadir, kepala Bagian Tata Pemerintahan, Dr Rahma Nur. (dp)

Tinggalkan Balasan