Lima Warga dan 25 Anggota DPRD Wajib Hadiri Mediasi

0 209

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Perkara perdata gugatan Citizen lawsuit (CLS) sudah masuk dalam proses mediasi di Pengadilan negeri (PN) Donggala. Berdasarkan jadwal, mediasi perkara gugatan terhadap 25 anggota DPRD Donggala ini akan kembali di gelar Selasa 24 Agustus besok.

Pada tahap mediasi awal ini, pihak penggugat maupun tergugat wajib hadir. Hal itu berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur mediasi di Pengadilan. Di dalam pasal 6 ayat 3 dijelaskan bahwa ketidakhadiran para pihak secara langsung dalam proses mediasi hanya dapat dilakukan berdasarkan alasan sah.

Alasan sah sebagaimana dimaksud ayat 3 tersebut yakni kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan hadir dalam pertemuan mediasi berdasarkan surat keterangan dokter. Mempunyai tempat tinggal, kediaman atau tempat tinggal di luar negeri. Menjalankan tugas negara, tuntutan profesi atau pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan.

Juru Bicara PN Donggala, Andi Aulia Rahman SH MH, mengatakan, tahap mediasi memiliki jangka waktu selama 30 hari. Jika proses mediasi selama 30 hari dirasa belum cukup, maka bisa di tambah 30 hari lagi. “Jadi mediasi ini maksimal 60 hari. Tergantung bagaimana dinamika di dalam mediasi nanti. Tapi tak jarang juga di mediasi awal biasanya para penggugat tidak mau damai dan ingin melanjutkan ke sidang. Nah nanti mediator yang putuskan,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Andi, baik para penggugat maupun tergugat diharapkan hadir pada mediasi tersebut. Sebab mediasi adalah tujuan utama penyelesaian sengketa di pengadilan. “Kita harap baik penggugat maupun tergugat bisa hadir semua. Karena sudah menjadi kewajiban di dalam Perturan MA nomor 1 tahun 2016 itu,” tandasnya. (dp)

Tinggalkan Balasan