Harkanas, Dorong Penurunan Stunting di Donggala

0 243

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala melalui Dinas Perikanan kembali menggelar Hari Ikan Nasional (Harkanas). Harkanas ke-10 kali ini di pusatkan di Desa Pangalasiang Kecamatan Sojol.

Pada peringatan Harkanas, Pemkab Donggala mendorong penurunan stunting melalui gerakan gemar makan ikan. Sebab kandungan gizi pada ikan di klaim mampu memenuhi sumber gizi bagi tumbuh kembang anak-anak.

Sama seperti tahun sebelumnya, Harkanas terlaksana dengan meriah. Ada berbagai macam kegiatan. Mulai dari lomba hingga penyerahan berbagai macam bantuan dari Dinas Perikanan.

Harkanas yang dihadiri ratusan masyarakat itu dibuka langsung oleh Plt Bupati Donggala Moh Yasin SSos MAP didampingi kepala Dinas Perikanan, Ali Aseegaf dan sejumlah kepala OPD lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Yasin mengatakan, Kementerian kelautan dan perikanan RI akan mencanangkan tahun Tuna Indonesia 2024 mendatang.

Kata yasin lagi dalam membentuk generasi tidak terlepas dari asupan gizi yang cukup bagi masyarakat, Oleh karena itu kementerian kelautan dan perikanan memiliki tugas dan fungsi mengelola sumberdaya kelautan dan perikanan.

“Pada Harkanas Tahun ini, kementerian kelautan dan perikanan mencanangkan tahun Tuna Indonesia 2024. Indonesai sebagai produsen Tuna terbesar di dunia pada tahun 2021, kolabborasi seluruh steakholder semakin memperkuat akses pasar dan manfaatnya, baik masyarakat Indonesai, atau pun Global,” kata yasin.

Selain itu, di Harkanas ke-10 ini, penurunan stunting bisa ditekan melalui kebijakan hilirisasi serta implementasi ekonomi biru melalui pengelolaan hasil perikananan.

“Penerapan teknologi Hidrolisat protein ikan menjadi salah satu alternatif dalama pengembangan fortifikasi protein dalam bahan baku makanan,” jelasnya.

Salah satu lomba yang banyak menarik perhatian masyarakat pada Harkanas kali adalah lomba balap speeboat.

Tinggalkan Balasan