DPRD Donggala Bentuk Pansus LHP BPK, Moh Taufik Minta OPD Koperatif

0 134

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Dalam rangka menindaklanjuti Laporah Hasil Pemeriksaaan (LHP) BPK Perwakilan Sulawesi Tengah terhadap pengelolaan Keuangan Pemkab Donggala tahun anggaran 2023, DPRD Donggala membentuk Panitia Khusus (Pansus). Paripurna pembentukan pansus yang dipimpin oleh Ketua DPRD Donggala, Takwin SSos itu berlangsung di ruang sidang utama kantor DPRD Donggala, Rabu (12/6/24) kemarin.

Setelah melalui rapat terbatas, Pansus yang berjumlah 10 orang anggota Dewan itu akhirnya menetapkan Moh Taufik sebagai ketua Pansus dan Maspuang sebagai Sekretaris.

Calon kuat ketua DPRD Donggala periode 2024-2029 itu langsung “tancap gas” dengan memberikan peringatan kepada jajaran OPD di lingkup Pemkab Donggala. Moh Taufik meminta kepada para OPD agar koperatif selama Pansus bekerja. Terutama berkaitan dengan kehadiran OPD pada rapat bersama Pansus. “Kami tidak ingin dalam rapat Pansus yang hadir hanya kepala seksi apalagi cuma staf. Dengan banyaknya temuan BPK ini, maka kami minta keseriusan OPD untuk hadir dan memberikan laporan berkaitan dengan LHP BPK,” tegas Taufik.

Menurut Taufik, rapat Pansus dalam rangka menindaklanjuti LHP BPK itu juga akan berimplikasi terhadap perhitungan APBD perubahan tahun 2024 dan APBD tahun 2025. Sebab menurut Taufik, Pansus LHP dibentuk bukan hanya soal mengembalikan temuan, tapi juga bisa menghasilkan sebuah solusi agar tidak terjadi temuan yang selalu berulang. “Kalau ada OPD yang ogah-ogahan hadiri rapat Pansus, maka jangan salahkan, jika kami anggap bahwa OPD tersebut hanya mau uangnya tapi tidak mau bertanggungajawab. Kalau tidak mau bertanggungjawab dengan program kegiatan yang dilaksanakan, maka kami sebagai lembaga yang mempunyai fungsi Budgeting akan menggunakan kewenangan kami dalam pembahasan APBD tahun 2025,” ujarnya.

Pansus LHP BPK akan bekerja selama 38 hari dimulai dari 12 juni hingga 6 Agustus 2024. Pansus akan melaporkan hasil kerjanya apda 7 Agustus mendatang. (uj)

Tinggalkan Balasan