Dinas Perikanan Safari Ramadan ke Pulau Pangalaseang

Sekaligus Serahkan Bantuan Permodalan Kepada Nelayan

0 234

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGGALA – Dinas perikanan Kabupaten Donggala melaksanakan Safari Ramadhan yang kedua atau terkakhir ke Desa Pangalaseang Kecamatan Sojol. Berbeda dari tim safari lainnya, Dinas Perikanan memilih lokasi safari ke Pulau. Tepatnya di dusun II Desa Pangalaseang.

Salah satu pulau terpencil di Kecamatan Sojol ini ternyata banyak menyimpan keindahan sumberdaya perikanan. Terdapat pasir putih di sekelilingi pulau panglaseang dengan sumberdaya ikan pelagis besar dan ikan demersal. Tak heran jika pulau pangalaseang dijadikan tempat mincing baik warga lokal maupun dari luar daerah. Selain itu, warga pulau pangalaseang juga dikenal ramah terhadap warga yang datang berkunjung. Oleh karena itu, tim safari disambut dengan hangat oleh warga ssektar.

Tim Dinas Perikanan Kabupaten Donggala melaksanakan safari ramadan yang diawali dengan pelaksanaan sosialisasi Lembaga Pengolola Modal Usaha Kelatan dan Perikanan (LPMUKP). Sekaligus menyerahkan dana bantuan permodalan usaha kelautan perikanan bunga rendah 3 persen per tahun kepada nelayan Pulau Panglaseang sebesar Rp 282 juta kepada 6 anggota nelayan.

Lembaga Pengolola Modal Usaha Kelatan dan Perikanan (LPMUKP) adalah unit organisasi non struktural yang berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Dengan pola pengelolaan dana pinjaman bergulir sistem berdampingan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah sektor Kelautan dan Perikanan sebagai pengganti program pemberdayaan usaha masyarakat pesisir (PUMP). Penyaluran Dana permodalan usaha di Desa Panglaseang Dusun II Nelayan Pulau Panglaseang sebesar Rp 282 juta pada usaha Usaha Penangkapan Ikan, Usaha Pengolah dan Pemasar Ikan Hasil Perikanan, dengan penyaluran ini akan membantu nelayan desa terpencil mendapatkan falitas pinjaman bergulir untuk pemberdayaan masyarakat nelayan dalam penyediaan dan pengembangan akses pembiayaan guna penguatan modal usaha.

Kepala Dinas Perikanan Donggala, Ali Assagaf mengatakan, program LPMUKP pemerintah pusat yang sejalan dengan program pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan pendapatan rendah di wilayah Kabupaten Donggala diharapkan akan mendorong usaha perikanan tangkap dan pemasaran hasil perikanan yang lebih maju dengan pola usaha berorentasi bisnis mulai dari skala kecil sampai skala besar. Menurut Ali, pelayanan LPMUKP dalam memberikan pelayanan bukan mengutamakan mencari keuntungan, melainkan fokus pada memberikan pelayanan yang berdampingan dengan prisip efesiensi dan produktivitas untuk memperkuat kapasitas usaha. “Nelayan penerima yang menggunakan dana LPMUKP akan dilakukan pendampingan secara terus menerus dari petugas perikanan,” katanya.

Setelah pelaksanaan sosialisasi LPMUKP selesai, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan masyarakat nelayan pulau panglaseang dan dilanjutkan dengan pelaksanaan ceramah tarwih oleh Tim Safari Kabupaten yang dibawakan oleh Ustad Ahayadin S.Pd di Mesjid Rao Datul Abidin.

Di penghujung kegiatan safari Ramadan, Ali mengatakan, masyarakat pulau pangalaseang mengusulkan kepada pemerintah daerah kiranya dapat membantu penampungan es balok untuk keperluan usaha operasi penangkapan ikan dan pemasaran hasil perikanan dengan kualitas hasil produksi tangkapan yang memberikan nilai jual tinggi. “Selaian itu masyakat juga mengusulkan jalan utama desa panglaseang untuk dilakukan peningkatan aspal. Masyarakat juga meminta agar persoalan listrik yang sudah padam sejak dua pekan agar bisa terselesaikan,” tandasnya. (dp)

Tinggalkan Balasan