Bupati Usulkan kecamatan Tanantovea Sampai Sirenja Dijadikan Satu Dapil

0 301

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Donggala melaksanakan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD Donggala dalam pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

Dalam penataan dapil itu, Bupati Donggala Dr Drs Kasman Lassa SH MH megusulkan terkait penataan dapil tersebut. Bupati mengusulkan agar enam kecamatan di kabupaten Donggala dijadikan satu dapil. Wilayah yang di maksud adalah Kecamatan Tanantovea, labuan, Sindue, Sindue Tombusabora, Sindue Tobata dan Sirenja.

Hal itu Bupati sampaikan apda rapat rancangan penataan dapil yang digelar di hotel palu Golden Senin (12/12) kemarin.

Dalam pemilu tahun 2024, alokasi kursi DPRD Kabupaten Donggala bertambah dari 30 kursi menjadi 35 kursi. Hal itu didasari oleh ketentuan UU Nomor 7 tahun 2017 pasal 191 tentang alokasi kursi berdasarkan jumlah penduduk. Di dalam ketentuan tersebut disebutkan bahwa jumlah penduduk 200.001-300.000 jiwa mendapat alokasi 30 kursi. Kemudian jumlah penduduk 300.001 – 400.000 jiwa mendapat alokasi 35 kursi. Sementara itu, saat ini jumlah penduduk di Kabupaten Donggala sebanyak 307.450 jiwa.

Dengan alokasi 35 kursi, KPU melakukan uji publik terhadap tiga rancangan penataan Dapil di Donggala. Rancangan pertama di bagi menjadi 5 Dapil dengan penambahan alokasi kursi untuk empat dapil. Dapil 1 yaitu Banawa dan Banawa Tengah mendapat alokasi 5 kursi. Kemudian Dapil 2 yaitu Tanantovea, Labuan Sindue, Sindue Tombusabora dengan alokasi 8 kursi. Kemudian Dapil 3 yaitu Sindue Tobata, Sirenja, Balesang dan Balesang Tanjung dengan alokasi 8 kursi. Kemudian Dapil 4 yaitu Dampelas, Sojol dan Sojol Utara juga mendapat alokasi 8 kursi. Sedangkan Dapil 5 Kecamatan Rio Pakava, Banawa Selatan dan Pinembani mendapat alokasi 6 kursi.

Pada rancangan kedua, ada perubahan alokasi kursi pada Dapil 2 dan Dapil 3. Di dalam rancangan itu, wilayah dapil 2 yang sebelumnya hanya meliputi empat kecamatan, bertambah satu kecamatan yaitu Sindue Tobata. Dengan penambahan wilayah itu maka di Dapil 2 mendapat alokasi 9 kursi. Sedangkan Dapil 3 dengan tiga Kecamatan yaitu Sirenja, Balaesang dan Balesang Tanjung mendapat alokasi 7 kursi.

Kemudian dalam rancangan ketiga, wilayah pemilihan terbagi menjadi 7 dapil. Dapil 1, Banawa dan Banawa Tengah dengan alokasi 6 kursi. Dapil 2 Labuan, Tanantovea dan Sindue dengan alokasi 6 kursi. Dapil 3 Sindue Tombusabora, Sindue Tobata dan Sirenja dengan alokasi 5 kursi. Dapil 4 Balaesang, Balesang Tanjung dengan alokasi 4 kursi. Dapil 5 kecamatan Dampelas dengan alokasi 4 kursi. Dapil 6 Sojol dan Sojol Utara dengan alokasi 4 kursi serta dapil 7 wilayah Rio Pakava, Pinembani dan Banawa Selatan dengan alokasi 6 kursi. (dp)

Tinggalkan Balasan