BUMDes Harus Menjadi Penopang Ekonomi Desa

0 153

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Guna membangun kemandirian ekonomi desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala bekerjasama dengan BRI Cabang Palu, menggelar sosialisasi pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Selasa (18/01/2022).

Dalam sambutannya Bupati Donggala Dr Drs Kasman Lassa, SH MH mengatakan, BUMDes diharapkan dapat memanfaatkan potensi yang ada di desa. Bupati juga meminta Pemerintah Desa memaksimalkan pemahaman dalam pengelolaan manajemen BUMDes dengan baik dan benar berdasarkan aturan yang berlaku sehingga BUMDes menjadi penopang desa yang mandiri. “Olehnya ke depan kita harus membangun kemandirian desa melalui ekonomi, sehingga BUMDES betul-betul menjadi mitra kerja Kepala Desa yang mampu membiayai desa dan menyejahterakan rakyatnya,” harap Bupati.

Selain itu Bupati juga meminta kepada BUMDes, agar tahun ini program yang sudah ada diperbaharui lagi. Namun hal itu menurut Bupati, harus didukung oleh Peraturan desa (Perdes) sebagai payung hukumnya. “Agar hasil-hasil bumi yang ada di desa dapat di manfaatkan, maka Kepala Desa harus membuat Perdes yaitu tidak ada lagi hasil bumi yang keluar dari desa, Kecuali dikelola oleh BUMDes. Sehingga Perdes penting bagi desa guna memberi penguatan hukum,” jelasnya. (Dp)

Tinggalkan Balasan