Budikdamber, Manfaatkan Lahan Kosong Menjadi Produktif

0 261

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Program budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) yang diinisiasi oleh Kapolres Donggala AKBP Efos Satria SIK MIK dan Dinas Perikanan sukses merubah lahan kosong menjadi produktif. Terbukti, baru-baru ini Polres Donggala berhasil melakukan panen perdana hasil Budikdamber di halaman Polres Donggala.

Panen perdana itu dilakukan langsung oleh Kapolda Sulteng, Irjen Agus Nugroho bersama Kapolres Donggala AKBP Efos Satria dan Kepala Dinas Perikanan Donggala, Ali Assegaf.

Kini, program Budikdamber tak hanya dilaksanakan di lingkungan Polres Donggala, tapi sudah meluas hingga ke jajaran polsek dan mulai masuk ke lingkungan masyarakat di Desa. Salah satu tujuan Budikdamber sendiri memang untuk meanfaatkan lahan kosong menjadi produktif. Disamping itu, Budikdamber juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan Donggala, Ali Assegaf mengatakan, saat ini Budikdamber dikhususkan untuk ikan nila dan ikan lele saja dengan menggunakan teknologi sistem bioflok. Selain itu, dari aspek usaha, biaya Budikdamber sangat terjangkau. “Hanya perlu menyiapkan ember, airator, bibit ikan dan obat. Setelah itu sudah bisa melakukan budidaya,” sebut Ali.

Melalui Budikdamber, diharapkan para kaum ibu-ibu bisa mendapatkan suatu usaha alternatif, sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. “Jadi ketika suami melaut, ibu-ibu di rumah ada usaha tambahan yang bisa menambah pendapatan hanya dengan memanfaatkan pekarangan kosong,” kata Ali.

Ali mengungkapkan, salah satu alasan kerja sama antara pihak kepolisian dan Dinas Perikanan dalam program budidaya. Menurut Ali, pihak kepolisian punya perpanjangan tangan sampai di tingkat desa yang dikenal dengan Bhabinkamtibmas. Personel Bhabinkamtibmas berfungsi sebagai penyuluh yang bisa bekerja sama dengan petugas perikanan dalam menjalankan program Budidaya di desa. “Alhamdulilah budidaya ini mendapat respon positif dari Kapolres dan Kapolda,” tandasnya. (uj)

Tinggalkan Balasan