Rp2,4 Miliar Temuan BPK Belum Dikembalikan Kontraktor

0 207

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Panitia Khusus (Panus ) I DPRD Donggala menyampaikan hasil kerjanya terkait Laporan Hasil Pemerikasaan (LHP) BPK Perwakilan Sulteng tahun 2022. Dalam laporan hasil kerja itu terkuak masih banyak rekanan atau kontraktor yang belum mengembalikan temuan BPK terhadap sejumlah proyek di Donggala.

Wakil Ketua Pansus I, Burhanudin, menyampaikan, realisasi pengembalian dari pihak rekanan sebesar Rp115 juta dari jumlah temuan sebesar Rp2,5 miliar. Kemudian realisasi pengembalian dari non rekanan sebesar Rp505 juta dari jumlah temuan Rp6,2 miliar. “Artinya masih ada Rp2,4 miliar yang belum dikembalikan oleh pihak rekanan.

Sementara itu dari non pihak ketiga masih ada sebesar Rp5,6 miliar lebih,” sebut Burhanudin.
Lanjut Dia mengatakan, Pansus I sudah bekerja maksimal dengan mengahdirkan OPD yang bersangkutan terkait hasil temuan BPK. Berdasarkan hasil kerja Pansus I atas LHP tahun anggaran 2022, maka Pansus I berpendapat, agar dilakukan peninjauan kembali terhadap aparatur sipil negara yang bermasalah dan harus diproses sesuai dengan mekanisme peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian Pansus I sebut Burhanudin, meminta penanganan aset Pemkab Donggala yang lebih akuntabel dan transparan agar tidak terjadi penyimpangan data. “Selanjutnya pansus I meminta agar proses pengembalian dilakukan secara cepat untuk ditindaklanjuti dengan melibatkan Aparat Penegak Hukum (APH) bagi yang sama sekali belum ada pengembaliannya,” tandasnya. (ujs)

Tinggalkan Balasan