25 ASN Ikuti Seleksi Kompetensi Lelang JPTP

0 295

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala telah memasuki tahap seleksi kompetensi manajerial dan kultural. Sebanyak 25 ASN yang sebelumnya telah lulus berkas administrasi tampak mengikuti ujian tersebut.

Seleksi yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu, Senin (3/10) itu dibuka langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Donggala, Dr Rustam Efendi SPd SH MAP selaku ketua panitia seleksi (Pansel) JPTP.

Pada kesempatan itu, Rustam mengatakan, seleksi JPTP diharapkan akan menghasilkan pemimpin yang berkompeten. Pemkab Donggala menurut Rustam membutuhkan pejabat-pejabat penyelenggara pemerintahan yang paham dengan tugas pokok dan fungsinya, bukan hanya sekedar formalitas untuk menduduki suatu jabatan. “Tadi saya tekankan kepada tim asesor untuk memotret fakta yang sesuai dalam seleksi ini. Supaya terlihat mana yang mampu mana yang tidak. Karena kita butuh pejabat yang berkompetensi,” tegas Sekkab.

Sekkab menyebutkan, ada 6 jabatan pimpinan OPD yang di lelang oleh Pemkab Donggala. Masing-masing OPD diikuti oleh dua pendaftar. Hanya satu OPD yakni Inspektorat yang diikuti oleh dua orang sejak pendaftaran pertama kali di buka. masa pendaftaran di perpanjang selama 3 hari, namun pendaftar yang tetap dua orang saja. “Untuk jabatan Inspektur Inspektorat ini memang ada syarat khusus. Harus punya sertifikat Diklat pengawasan. Kita sudah pernpanjang masa pendafataran selama 3 hari, pendaftar tetap hanya dua orang. aturan membolehkan seleksi tetap dilanjutkan meski hanya dua orang,” jelas Sekkab.

Sementara itu untuk OPD Dinas Kesehatan awalnya diikuti oleh tiga pendaftar. Namun salah satu pendaftar gugur dalam tahapan seleksi administrasi. Oleh sebab itu Pada seleksi kompetensi manajerial dan kultural, hanya diikuti oleh dua orang peserta. “Kita benar-benar ketat melakukan seleksi. Salah satu tujuannya tentu bagaimana seleksi pengisian jabatan ini benar-benar menghadilkan pejabat yang kompeten,” tandas Rustam.

Sekedar di ketahui, adapaun enam jabatan tinggi pratama yang di lelang adalah, Inspektur Inspektorat, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag), Kepala Dinas tanaman Pangan, Holtikultura dan perkebunan, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Pelaksanaan seleksi kompetensi manajerial dan kultural ini akan berlangsung selama dua hari.(dp)

Tinggalkan Balasan