17 Puskesmas di Donggala Telah Terakreditasi, 3 Diantaranya Terakreditasi Paripurna

0 188

Beriklan? Hubungi : 0853 9999 4508

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala kembali menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Pembukaan HKN ke-59 kali ini dipusatkan di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, Senin (27/11) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri Plt Bupati Donggala, Moh Yasin Ssos MAP, para kepala OPD, Forkopimda dan seluruh keluarga besar Dinas Kesehatan.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, dr Syahriar MKes mengatakan, pembangunan kesehatan di Kabupaten Donggala yang telah dilakukan seluruh jajaran kesehatan, mulai menunjukkan hasil yang menggembirakan. Dimana dalam satu tahun terakhir capaian beberapa indikator SPM bidang kesehatan mulai bergerak naik. “Walaupun kami harus mengakui capaian itu belumlah maksimal. Kami juga ingin melaporkan bahwa Kabupaten Donggala memiliki 18 Puskesmas dan sampai saat ini telah dilakukan proses penilaian Survei Akreditasi Perdana dan Reakreditasi,” sebut dr Syahriar.

Lanjut Syahriar menyebutkan, dari 18 Puskesmas di Donggala, 17 Puskesmas telah selesai dilakukan penilaian. 3 Puskesmas terakreditasi Paripurna, 8 Puskesmas terakreditasi Utama, 2 Puskesmas Madya, 4 Puskesmas masih menunggu hasil dari Kementerian. Adapun 2 Puskesmas yang meraih akreditasi Paripurna adalah Puskesmas Tonggolobibi dan Puskesmas Tompe yang merupakan Puskesmas pertama dan kedua peraih akreditasi Paripurna pertama se Sulawesi Tengah dan akan mendapat penghargaan dari Gubernur Sulawesi Tengah. “Insya Allah penghargaan itu akan diserahkan oleh Bapak Bupati Donggala pada Momentum Upacara Hari Kesehatan Nasional tanggal 29 November 2023 di halaman Kantor Bupati Donggala,” ungkap Syahriar.

Disamping itu, Syahriar menjelaskan, HKN digelar bertujuan untuk mendorong program kemitraan antara Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala dengan Puskesmas dan Rumah Sakit dalam mendukung transformasi kesehatan. Kemudian mendorong promosi gaya hidup sehat pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi lintas program dan sector untuk mewujudkan Indonesia lebih sehat.

Meningkatkan kesadaran, pengetahuan, kewaspadaan tentang isu kesehatan dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. “Hal ini merupakan upaya promotif dan preventif, mencakup promosi gaya hidup sehat, pencegahan penyakit, dan pentingnya melakukan deteksi dini. Terkahir, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, HKN juga dapat menjadi momen untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Plt Bupati Donggala, Moh Yasin mengatakan, tema yang diangkat pada perintatan HKN tahun 2023 ini adalah Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju. Tema itu dipilih untuk menggambarkan bagaimana keberhasilan transformasi kesehatan yang dilakukan oleh kementerian kesehatan dengan berkolaborasi dan melibatkan berbagai pihak terkait yang bertujuan meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat agar bisa lebih produktif sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian yang akan menjadikan Indonesia menjadi lebih maju.

“Peringatan HKN ke-59 di tahun ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk mewujudkan sistem kesehatan nasional yang lebih kuat sehingga mampu menghadapi tantangan seperti saat pandemi COVID-19. Sistem kesehatan yang lebih kuat ini akan kita wujudkan melalui transformasi system kesehatan melalui enam pilar transformasi, yaitu layanan primer, layanan rujukan, system ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, serta teknologi kesehatan,” jelas Bupati.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam HKN tahun ini yaitu, senam bersama, pencanangan imunisasi hepatitis b untuk tenaga medis dan tenaga kesehatan, lomba senam peregangan, lomba dance ctps, lomba menyanyi, lomba menghias tumpeng, lomba kreasi olahan pangan lokal kaya protein hewani dan upacara. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dan akan diakhiri dengan upacara bendera di halaman Kantor Bupati Donggala. (uj)

Tinggalkan Balasan